Pengalaman dan Strategi SNMPTN Undangan


Sesuai janji saya waktu itu yang akan berbagi tentang Strategi Agar Lolos Snmptn Undangan karena Alhamdulillah saya diterima di UIN jurusan komunikasi bagi yang belum liat silahkan masuk DISINI. Dibulan-bulan ini lulusan SMA sederajat sedang gencarnya mencari tempat kuliah terutama PTN favorit diseluruh Indonesia. Snmptn Undangan memang jalur masuk PTN yang paling mudah dan paling diminati oleh siswa kelas 12 karena syarat masuknya ‘hanya’ mengutamakan nilai rapot untuk 3 semester terakhir dan dengan berbagai pertimbangan tertentu, beruntungnya saya dapat diterima melalui jalur ini karena dengan SNMPTN Undangan saya tidak perlu mengikuti berbagai tes yang diadakan PTN bersangkutan. 

SNMPTN Undangan adalah penjaringan siswa siswi yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi negeri berdasarkan rapor dan prestasi akademik, Seleksi ini bertujuan untuk menyaring siswa-siswi se-Indonesia agar mendapatkan bangku kuliah di PTN yang diinginkan siswa tersebut namun tanpa menggunakan ujian tulis, tetapi dengan cara dimana sekolah yang telah terdaftar dapat mengajukan siswa-siswinya sesuai kriteria yang ada untuk mengikuti SNMPTN Undangan ini.

Nah langsung saja dibawah ini tips dan strategi agar sobat bisa lolos Snmptn Undangan:
1. Kenali dulu apa itu SNMPTN Undangan
Jadi sobat harus tau dulu apa itu snmptn, apa saja kriteria yang akan dipilih, apa saja syarat-syarat mengikutinya, walau ini sepele tapi kalo belum tau bisa fatal looh! Kalo masih bingung bisa browsing di internet atau Tanya guru BK di sekolah sobat

2. Persiapkan dari sekarang
Kenapa ini sangat penting? Karena ini adalah kunci awal agar sobat bisa ikut seleksi Undangan tersebut, mungkin bisa dari sobat kecil yang berandai-andai ingin menjadi dokter segeralah untuk sungguh-sungguh belajar dan usahakan masuk SD SMP dan SMA Favorit di kota sobat dengan tekun belajar terutama pelajaran IPA karena dari situlah kita mendapat dorongan dan kemauan yang besar untuk belajar dan berhasil kedepannya.  Jujur saya tidak ada persiapan sejak awal sama sekali untuk ikut Undangan ini ketika saya diberitahu bahwa masuk siswa yang dapat mengikuti seleksi undangan saya hanya bisa berdoa agar bisa masuk PTN pilihan saya

3. Kenali lawan-lawanmu
Disekolah saya dari 160an orang yang  ikut seleksi undangan di jurusan IPS saya urutan ke 39 weew.. disitu saya berpikir harus mempersiapkan cara agar lolos PTN yang saya inginkan, sering-seringlah menemui guru BK sobat untuk mengetaui teman-teman sobat memilih PTN mana saja, ketika saya menaruh UIN di urutan pertama saya sudah mengecek bahwa tidak ada teman saya yang memilih disana jikalaupun ada nilai dan urutannya harus dibawah saya dan jangan lupa juga liat Quato tahun sobat seleksi dan yang minat tahun sebelumnya berapa untuk meenjadi tolak ukur sobat masuk PTN tersebut

4. Konsisten Nilai Rapot
Ini juga penting karena nilai sobat dari semester 3 sampai 5 harus naik minimal tetap, Tetapi Jujur lagi nilai saya ‘tidak konsisten’ malah menurun di semester 4nya ini nilai saya  semester 3-5 => 78.85 - 78.20 – 80.06, mungkin ini tergantung kebijakan PTN masing-masing untuk bisa menilainya

5. Jangan memaksakan kehendak
Misalkan ada anak ingin masuk FK UI (fakultas kedokteran UI) karena dia tau bahwa pesaingnya ribuan orang dan disekolahnya banyak yang ingin masuk FKUI dia mengurungkan niatnya untuk masuk FK yang di UI tapi memilih seperti FKUIN atau FKUNS toh semua PTN sama yang penting akreditasinya baik

6. Kenali Universitasmu
Maksudnya sobat harus tau ada atau ganya kakak kelas sobat di Universitas itu karena keberadaan kakak kelas sobat di Universitas tersebut sangat berpengaruh loooh, mungkin pihak universitas melihat apakah benar nilai rapot yang dituliskan benar-benar berbobot sama dengan kualitas lulusannya 

7. Sertifikat Akademis
Jujur saya sendiri tidak punya sertifikat apa-apa untuk diajukan pada panitia Snmptn Undangan karena memang saya tidak pernah ikut OSN atau lomba yang lain.. hehe tapi untuk yang punya silahkan ajukan karena itu juga sangat berpengaruh

8. Berdoa dan terus Berusaha
Ini adalah langkah terakhir yang bisa diusahakan agar bisa lolos Undangan, karena saya hanya mengandalkan doa baik doa guru, teman dan orang tua. Dan jikalau tidak diterima terus berusaha karena masih banyak jalur menuju Universitas yang sobat inginkan. :)

Mungkin itu saja sedikit tips dan strategi saya agar lulus SNMPTN Undangan bagi sobat yang ingin bertanya silahkan berkomentar dibawah, Semoga Bermanfaat,.

Karena kk jarang buka blog, jadi kalo yang mau tanya, bisa lewat FB kk aja ya DISINI atau yang punya Line bisa add ID kk 'AzhryAseph' :))



Baca juga yang ini:

152 komentar on Pengalaman dan Strategi SNMPTN Undangan :

blog pendidikan mengatakan... Rabu, 18 Juli 2012 20.02.00 WIB

wah udah lulus snmptn nya lewat jalur undangan...selamat ya...

YouRha mengatakan... Kamis, 19 Juli 2012 12.03.00 WIB

krn byak saingan, saya gak ikut snmptn undangan. akhirnya ikut snmptn gak pke undangan, alhamdulillah lulus jgaa..hehe

slmat, yaa..

Asep Alazhari mengatakan... Sabtu, 21 Juli 2012 13.19.00 WIB

@blog pendidikan: iya nh udah lulus, makasi :)

@YouRha: kenapa ga ikut? wah selamat ya udah lulus lewat snmptn tulis :)

Nurmayanti Zain mengatakan... Jumat, 17 Agustus 2012 15.18.00 WIB

belajar giat :D hohoho
semangat!

Asep Alazhari mengatakan... Selasa, 28 Agustus 2012 14.26.00 WIB

@Nurmayanti Zain: bener banget harus belajar giat sejak awal..

Andhika M.W mengatakan... Kamis, 18 Oktober 2012 06.54.00 WIB

Ngomong2 kakak dulu ambil jurusan apa waktu SMA ? IPA/IPS ?

Anonim mengatakan... Jumat, 26 Oktober 2012 15.31.00 WIB

kak, mau tanya ni.
aku mau masuk kedokteran universitas Gadjah Mada. rata" nilai raporku dr kls semester 1-4 naik.
tp nilai bio pas smester 3 90 turun menjadi 88 pas smester 4.
aku bisa lolos dan diterima di ugm melalui jalur undangan gak kak??
mksih..

Asep Alazhari mengatakan... Rabu, 31 Oktober 2012 15.55.00 WIB

@Andhika M.W: kk ambil jurusan IPS de..

@Anonim: kalo cuma satu atau dua pelajaran yg turun masih bisa diperhingkan ko, semangat aja de.. jangan sampe semester 5 nya turun ^_^

Lusy Angriani mengatakan... Selasa, 06 November 2012 09.57.00 WIB

ka mw nanya, kira2 rata2 bwt kedokteran usu / usri brp ya? trus kami t ga yakin bs msuk, krn faktor kemampuan , peminatnya bnyak, dn jg akreditas sekolh yg kurang..pdhl kmi pingn bs mask FK gmn t ka? :'(

Anonim mengatakan... Minggu, 11 November 2012 05.26.00 WIB

emang dulu kk sekolah dimana?

Asep Alazhari mengatakan... Selasa, 13 November 2012 10.59.00 WIB

@Lusy Angriani: ga boleh putus asa dulu, SNMPTN Undangan itu siapa aja bisa lolos, kalo kriteria aja itu cuma persyaratan, yang penting berdoa aja yaa.. dan kalo belum lolos bisa coba SNMPTN Tulisnya :))

@Anonim: kk dulu sekolah di SMAN 113 Jakarta de :)

Wahyu mengatakan... Sabtu, 24 November 2012 18.32.00 WIB

Kak nilai yang harus konsisten itu maksudnya nilai seluruh mata pelajaran atau hanya nilai mata pelajaran yang di UN kan saja?

ad1_putr@blog.ger mengatakan... Minggu, 09 Desember 2012 13.59.00 WIB

om, yang harus konsisten itu nilai berdasarkan jurusan (misal jurusan mtematika ya plajran mtemtika) atau nilai yg di UN kan atau semua plajaran atau rata2nya aja.??

Dewi Leogl mengatakan... Selasa, 11 Desember 2012 20.54.00 WIB

congrats yah kak, semoga gue juga bisa kayak kakak. Aminn ya Allah.

Putri Balkhis mengatakan... Selasa, 11 Desember 2012 22.27.00 WIB

permisi,mau nanya. Sayakan anak IPA, kalau saya dapat kesempatan snmptn undangan,lalu undangan itu saya taruh di pilihan jurusan IPS, kira2 berhasil gak ya? Makasih..

Asep Alazhari mengatakan... Sabtu, 15 Desember 2012 20.52.00 WIB

@Wahyu: nilai mata pelajaran yang di UN kan dek :))

@ad1_putr@blog.ger: untuk semua pelajaran tapi tergantung Universitas masing2 kadang mereka melihat salah satu mata pelajaran yg ada di jurusan tersebut..

@Dewi Leogl: iya Aminn ya Allah, makasi de :))

@Putri Balkhis: kk saranin mending ade lebih fokus ke ke IPAnya karena yg diprioritaskan yg ada dijurusan tersebut..

Untuk Semua ade-ade yg kelas 12, semangat ya soalnya mulai sekarang SNMPTN tulis dihapus jadi semoga lolos SNMPTN Undangannya ^_^

Anonim mengatakan... Senin, 17 Desember 2012 17.14.00 WIB

kak kalo misalnya nilai rata-rata semua mapel ngepas 8 gitu bisa FK nggak ya? pesimis nih

Fiqi Rozi mengatakan... Jumat, 21 Desember 2012 23.59.00 WIB

Kak bagaimana dengan siswa smk? Brp bsarkah kmungkinan siswa smk bsa msuk?

ustadz cakra mengatakan... Sabtu, 22 Desember 2012 12.06.00 WIB

Kak mau nanya
bener gak tuh kalau lulusan tahun 2014 nanti untuk lulus jalur undangan nilai yg dilihat dri semester 1 s.d 5 ???

Asep Alazhari mengatakan... Sabtu, 22 Desember 2012 19.05.00 WIB

@Anonim: nilainya konsisten ga de? kalo konsisten atau bahkan naik insya allah bisa dan tergantung kebijakan Universitas yang dituju de.. Harus Optimis! :))

@Fiqi Rozi: kalo tahun kemarin SMK atau SMA kemungkinan lolos disamakan tergantung nilai de, tapi kalo tahun sekarang kk kurang tau juga..

@ustadz cakra: nah itu rumor dari mana de? kk belum dapet kabarnya, tunggu konfirmasi mendikbud aja ya :))

Anonim mengatakan... Rabu, 26 Desember 2012 19.58.00 WIB

ka kalo rala mta" smester ad yg (6,) bsa msuk fk gk?tp klo mipa'ny nlainy bsa d'prcy lah..cma klo d'rata" ad smestr yg nlai rta"ny 6
cz ak pgin bgt msuk kdoktern...

Anonim mengatakan... Rabu, 26 Desember 2012 20.03.00 WIB

ka klo rata" nilai mua pel ad yg (6,) bsa msuk fk gk?klomipa'ny bgus cmaklo nilai d'rta" kseluruhn 14 mpel dpet'ny sgtu...bsa gk k?cz ak pgin bgt msuk fk

Anonim mengatakan... Kamis, 27 Desember 2012 21.24.00 WIB

kalo g konsisten emang bener2 g bisa tah ka?? walaupun di jurusan yang passing gradenya kecil?

Asep Alazhari mengatakan... Senin, 31 Desember 2012 15.10.00 WIB

@Anonim 1: wah kalo ada 6 nya agak susah de, soalnya kekonsistenan itu perlu bgt apalagi masuk kedokteran, berdoa aja de di undangan semua bisa terjadi :))

@Anonim 2: kalo passing gradenya rendah masih bisa di pertimbangi de, apalagi peminatnya rendah..

@Ummi Azmi: kk juga ga ada ko kk kelas di universitas kk, tapi yang penting nilainya de dan jangan sampe salah pilih :))

assitta remaisya mengatakan... Rabu, 02 Januari 2013 19.00.00 WIB

yang kakak tulis :
"nilai saya semester 3-5 => 78.85 - 78.20 – 80.06,"
itu rata2 raport apa rata2 yang di UN.kan ???

muhammad bramantyo mengatakan... Jumat, 04 Januari 2013 16.50.00 WIB

kak mau nanya nih.
rata2 saya semester 3-5 => "83.00 - 83.45 - 82.25"
apakah ada kemungkinan bisa lolos snmptn undangan taun ini kak? saya rencananya mau ambil administrasi perpajakan universitas brawijaya..
terima kasih :D

Asep Alazhari mengatakan... Sabtu, 05 Januari 2013 19.48.00 WIB

@assitta remaisya: iya de itu nilai rata-rata mata pelajaran UN :))

@muhammad bramantyo: wah di semester akhir turun ya, kalo menurut kk kalo turunnya ga signifikan masih bisa de. semoga lolos :))

Indira Isyanawati mengatakan... Minggu, 06 Januari 2013 09.11.00 WIB

kk mau tanya
di snmptn.ac.id tertulis memiliki prestasi akademik di sekolah pada semua semester.

pertanyaan
1 . itu maksudya rata" dari semester 1-5 atau 345 ?
2 . itu yg di lihat rata" seluruh mapel atau mapel yg di un kan saja
3 . kalau rata" mapel yg di UN kan saya dari semester 1-5 = 77 , 80 , 83 , 85 , 84 masih bisa lolos atau tidak ?

tapi kalau di lihat dari rata" keseluruhan mapel semester 1 - 5 = 78 , 80 , 82 , 83 , 84

tolong pencerahannya ya kk , terima kasih :)

Anonim mengatakan... Rabu, 09 Januari 2013 12.06.00 WIB

ka kalo snmptn undangan kan dikasi dua ilihan ptn, boleh ga duaduanya kita pilih dr ptn di region 1, misalnya 1.UI 2.IPB ??
ipbnya terima ga ka ditaro dipilihan kedua ??

Mufiani Fimakibio mengatakan... Rabu, 09 Januari 2013 23.56.00 WIB

thanks kakak. selamat yaaa...

Asep Alazhari mengatakan... Jumat, 11 Januari 2013 21.13.00 WIB

@Indira Isyanawati: wah banyak juga pertanyaan kamu :D
1. kalo tahun ini peraturannya diambil semua semester dari 1-5 de
2. cuma pelajaran UN aja ko de..
3. kalo ga fluktuatif masih bisa lolos ko de tergantung faktor jurusan sama univ yg dipilih aja :))

@Anonim: 1. kalo tahun ini ga boleh 1 region de harus ada yg diluar region 1 ptn,
2. denger2 tahun kemaren rektor IPB ga mau IPB di tempatin di urutan ke-2 buat snmptnnya jadi kalo yakin ke IPB ya ke-1 de :))

@Mufiani Fimakibio: sama2 de :D

Devi mengatakan... Jumat, 11 Januari 2013 21.16.00 WIB

kakak pas snmptn milih jurusan apa? Trus jurusan ips itu pas snmptn saingannya banyak ga?

Asep Alazhari mengatakan... Jumat, 11 Januari 2013 21.40.00 WIB

@Devi: jurusan di SMA atau di snmptn de? kk kurang tau juga kn ga di publish berapa yg masuk jurusan yg kk pilih, tapi kayanya lumayan banyak de..

Anonim mengatakan... Sabtu, 12 Januari 2013 15.38.00 WIB

kakak, ak mau tanya
aku kn ambil jrusan ips di sekolahku, kalo prestasi kelas sih lmyn. Aku dpt 5 bsar trus dr smstr 3 smpe 5 . Tp pas smstp 1-2 rta''ku trun dkit. Sekolahku itu trmsuk sekolh fvorit di smrg.

Nilaiku yg lumyn tinggi itu di ekonomi akuntansi tp ak lbh minat ke sosiologi sm psikologi.

Menurut kakak aku hrus prioritasin yg mana?
Ohya dlu kakak pas snmptn undangan kn ambil 4 prodi. Apa aja kak?

Jawab ya kakak keceh :))

Anonim mengatakan... Sabtu, 12 Januari 2013 18.58.00 WIB

ia ka ga boleh satu region ??
yaampun -___-
aku maunya UI ka tp yg kedua itu ipb, trs aku mesti nulis apa dipilihan kedua ??
:''(

Asep Alazhari mengatakan... Sabtu, 12 Januari 2013 20.07.00 WIB

@Anonim 1: kalo di semester 1/2 itu gpapa de kan yang penting meningkat,
gpapa de ambil aja jurusan yg ade minat selama nilainya mendukung,
psikologi sama sosio itu tergantung minat adenya tapi jangan sampe salam pilih aja,
kk dulu komunikasi, adm.negara, pendidikan teknologi, sama hukum :))

@Anonim 2: tapi setau kk ipb sama UI kan beda region de (provinsi) UI jakarta, IPB bogor (jabar) kalo itu boleh jadinya, semangat de :))

PMR SMAN 1 CIBADAK 2011-2012 mengatakan... Sabtu, 12 Januari 2013 20.19.00 WIB

ralat buat asep alazhai ..
taun skarang smuanya nilai plajaran di masukin ,bukan cuma yang un aja :-)

Asep Alazhari mengatakan... Sabtu, 12 Januari 2013 20.57.00 WIB

@PMR SMAN 1 CIBADAK 2011-2012: ohh semua ya, makasi masukannya :))

Anonim mengatakan... Minggu, 13 Januari 2013 09.34.00 WIB

UI kan depok ka, depok emang tmasuk prov jakarta ??
ptn itu kan ada wilayah 1,2,3,4 dll, nah yg ga boleh kita tulis di undangan itu ptn yg masih satu wilayah atau satu provinsi si ka ?!

Asep Alazhari mengatakan... Senin, 14 Januari 2013 20.34.00 WIB

@Anonim: tapi UI masuk regional jakarta de,
ade coba cek deh web snmptn.ac.id disitu pembagian regionalnya per perprovinsi,
ya pokoknya harus beda provinsi de antara pilihan ke-1 sama pilihan ke-2 gitu :))

Indira Isyanawati mengatakan... Selasa, 15 Januari 2013 18.04.00 WIB

fluktuatif itu apa ya kk ? hehe
saya rencananya pingin ke unair akun , mnjmn pilihan ke duanya sebelas maret akun , mnjmn

tp kk alumni sekolah saya g ada yg di jurusan akun / mnjmn di unair adanya di farmasinya , tp kalau di sebelas maret banyak rombongan alumninya

sekiranya dngn nilai segitu + faktor alumni masih bisa lolos tdk ya kk ?

Asep Alazhari mengatakan... Selasa, 15 Januari 2013 20.36.00 WIB

@Indira Isyanawati: fluktuatif itu naik turun de ga stabil, oh gitu kalo menurut pengalaman kk sendiri sih faktor alumni ga terlalu berpengaruh di jururusan kk aja ga ada alumni dari sekolah kk,
pede aja de nilai segitu masih bisa ko yg penting berdoa aja :))

Anonim mengatakan... Kamis, 17 Januari 2013 12.17.00 WIB

Kak saya ingin masuk fk uin jalur pmdk. mnurut kk peluangnya besar tdk ya? lalu uin itu selalu mengutamakan anak-anak dari provinsi jakarta saja tdk ya ? trims

Indira Isyanawati mengatakan... Jumat, 18 Januari 2013 18.31.00 WIB

kk ak meh tnya bener g si th ini univ yg boleh alih jurusan cuma ui sama ugm aja (untuk jalur snmptn)?

Anonim mengatakan... Jumat, 18 Januari 2013 20.58.00 WIB

Ka, tahun sekarang juga dilihat nilai rapornya, apa faktor asal sekolah juga akan berpengaruh? Saya bersekolah di SMUK-1 Tanjung Duren, Jakarta

Anonim mengatakan... Sabtu, 19 Januari 2013 19.46.00 WIB

Assalam kak,, saya dari padang. kira-kira kalau saya ambil FK UIN untuk jalur undangan kemungkinan di terimanya berapa persen ya kak? soalnya kan saya dari daerah. dan apakah untuk tahun sekarang UIN sudah membuka jalur undangan untuk FK nya?

trims kak..

Asep Alazhari mengatakan... Sabtu, 19 Januari 2013 21.10.00 WIB

@Anonim 1: klo UIN Jakarta ya secara ga langsung mengutamakan yg di regional jakarta (biasanya), tapi ga menutup kemunkinan ko peluang dari luar jakarta juga besar :))

@Indira Isyanawati: alih jurusan ngambil jurusan ips ke ipa, ipa ke ips gitu maksudnya bukan de??

@Anonim 2: klo thn ini asal sekolah ga jadi prioritas ko de :))

@Anonim 3: kk sih ga bisa prediksi lolos atau ga, tapi kalo nilainya mendukung kk yakin peluangnya besar ko :))
coba cek di web resmi UIN deh de..

Anonim mengatakan... Minggu, 20 Januari 2013 09.24.00 WIB

kak kalau siswa smk kan yang diujikan cuma 3? Apa nilainya juga dari nilai kompetensi kejuruanya?

Anonim mengatakan... Minggu, 20 Januari 2013 10.34.00 WIB

kk mo nanya nih, kalo jurusan yang bakal kita ambil sebagai pilihan pertama ternyata juga banyak yang ngambil tapi sebagai pilihan ke dua dan nilai mereka lebih tinggi, baiknya nyerah ato ttp dipertahankan?

rahmania putri :) mengatakan... Senin, 21 Januari 2013 19.02.00 WIB

kak aku mau tanya ya. kan skrg snmptn kan mulai smester 1-5. itu yang diliat rata" nilai rapot atau dilihat satu-satu nilai mapelnya? kalo di rata-rata dari smester 1-5 alhamdulillah nilaiku naik semua. tp kalo mapelnya satu-satu ada yang turun. yang turun bnyak yang dr smeter 3 itu ada 2 mapel yang nilai turun. trus kalo smester 5 cuma 1 yang turun. kira-kira aku bisa keterima jalur undangan gak ya? aku pingin masuk seleksi undangan :(

rahmania putri :) mengatakan... Senin, 21 Januari 2013 19.20.00 WIB

nilai rata" rapotku berdasarkan nilai UN dr smester 1-5 ini kak : 75.5,79.8, 80.6 , 83, 86.6
kayak gini bisa keterima undangan gak? :(

Anonim mengatakan... Selasa, 22 Januari 2013 13.32.00 WIB

Ka, aku mau nanya.. Aku dari jurusan Ipa, tapi pengen banget banget ngambil jurusan Sastra Inggris di UNJ, karna aku udah cinta banget sama pelajaran b.inggris. Emang gak bisa ya ka, kalo ngambil jurusan Ips lewat jalur undangan kalo jurusannya Ipa? Aku pengen banget dapetin Sastra Ingrris yg di UNJ InsyaAllah, nilai aku naik semua, apalagi yang bahasa inggris. . Dibales yah ka. .

Anonim mengatakan... Selasa, 22 Januari 2013 17.52.00 WIB

Kak aku mau nanya, uin buka jalur undangan di semua jurusan gak?

Indira Isyanawati mengatakan... Selasa, 22 Januari 2013 18.13.00 WIB

ya itu mksd nya ipa ke ips
soalnya anak ipa sekolah ku banyak yg bilang univ yg boleh alih jurusan cuma ugm sama ui
tp setau saya yg untuk undangan g boleh alih jurusan tapi kalau sbmptn , um boleh

Asep Alazhari mengatakan... Kamis, 24 Januari 2013 19.44.00 WIB

@Anonim 1: walau SMK tapi tetep semua pelajaran ko yang di kalkulasi de :))

@Anonim 2: ya pertahanin aja de kalo menurut kk lebih baik ade ga dapet daripada ade nanti nyesel sama jurusan ke-2, nyeselnya 4 tahun kedepannya lho de :))

@rahmania putri : 1. yang diliat itu rata-rata rapot de
2. gpapa ko kalo di mapel ada yg turun yg penting ga drastis aja
3. wah itu rata2nya bagus de peluangnya gede ko tetep berdoa aja ya :))

@Anonim 3: peraturan tahun ini bener2 ga bisa de alih jurusan atau ngambil jatah ips atau sebaliknya, ya ade coba jurusan lain dulu kalo misalkan ga keterima nanti bisa ikut mandirinya di UNJ nah kn bisa ngambil sastra inggris :))

@Anonim 4: kalo thn ini kk kurang tau de, kalo tahun kemarin cuma beberapa jurusan aja yg buka jalur undangan

@Indira Isyanawati: iya de bener emang ga boleh tahun ini peraturannya bner2 ga boleh ngambil jatah ips atau sebaliknya, saran kk ade pilih minat yg di IPA dulu kalo bener2 ga diterima baru lewat mandiri ambil jurusan IPSnya :))

Indira Isyanawati mengatakan... Kamis, 24 Januari 2013 22.04.00 WIB

alhamdulillah saya bukan warga ipa
oya kk saya pernah baca artikel di suatu blog
katanya nek mau lolos jarak presentase PG prodi pilihn 1 dn ke 2 beda 10 %
tp ada yg bilang harus beda fakultas , nek g beda fakultas peluang ditolak

ky gtu bener g si ?

Anonim mengatakan... Kamis, 24 Januari 2013 23.35.00 WIB

K' numpang tax d0nk. .
Ne rta2 nilai rap0rQ smw mapel dr smster 1-5 : 81,71 - 87,17 - 85,14 - 86,33 - 88,48

nilaiQ trmasuk fluktuatif g' k'? Coz aq pngen bgt kterima snmptn undx its jrusan teknik kimia. .:(

Anonim mengatakan... Jumat, 25 Januari 2013 11.00.00 WIB

kak nyak dong. nilai smester 3-5 q .83.9,83.2,84,9 ...kira2 itu bisa di katakan stabil gak kak? dan kira2 bsa msuk g kak? q pegn msuk FTSL d Its.

Anonim mengatakan... Jumat, 25 Januari 2013 18.00.00 WIB

Saya dari smk jurusan teknik komputer jaringan
rata" raport 77,79,83,85,85
gimana tanggapan ente jika saya milih ITS teknik informatika

monggo dijawab

Asep Alazhari mengatakan... Jumat, 25 Januari 2013 19.30.00 WIB

@Indira Isyanawati: wah kalo itu kk baru denger de, jadi kk kurang terlalu tau juga tentang itu :))

@Anonim 1: ya itu termasuk fluktuatif de, soalnya sempet turun trus naik lagi, tapi selama turunnya ga drastis bgt masih ada kesempatan ko de :)

@Anonim 2: wah itu sama kaya kk de di semester 4nya turun, ya kurang stabil sih tapi masih ada kemungkinan ko. Oiya perlu diingat tahun ini di hitung dari semester 1-5 ya de :)

@Anonim 3: nilainya lumayan meningkat ga ada yg turun, selebihnya tinggal pertimbangin faktor2 di atas yg diperhitungin gan..

Alvin Budiono mengatakan... Minggu, 27 Januari 2013 17.04.00 WIB

Kakak.. Kalau untuk jalur undangan tahun ini, nilai UN diperlukan gak (dimasukkan kedalam penilaian)?

khalida mengatakan... Senin, 28 Januari 2013 23.44.00 WIB

kak mau nanya nh. Katanya taun ini jalur undangan max nilainy trun 0,6. Yang 0,6 tu max dri rata2 ksluruhan mapel yg di un kan ato tiap mta plajaran.
Nilai rta yg unku
75,6 81,8 80,1 klo gni ada pluang masuk jalur undgan g kak?

Firchatin Wafiroh mengatakan... Kamis, 31 Januari 2013 20.08.00 WIB

kalo jurusan ipa mau ambil ips d ub bisa gak ?

Anonim mengatakan... Jumat, 01 Februari 2013 12.53.00 WIB

Tapi ka, Um UNJ kan kita harus punya banyak uang. . Aku aja ikut2 beasiswa ka :-(

Anonim mengatakan... Jumat, 01 Februari 2013 19.29.00 WIB

kak nilai rata2 semester 1-5 ku : 75, 76, 72, 75, 77. trus ada beberapa nilai 6. kira2 aku bisa masuk jalur undangan gag ya :(

Violleverlasting mengatakan... Sabtu, 02 Februari 2013 19.41.00 WIB

Kak... Kira-kira aku bisa lolos dengan nilai rata-rata (mat.pel yang diUNkan) dari smester 1-5 ;
82.83/85.83/89.00/89.33/94.00 kalo yang aku ambil itu jurusannya HI atau pend.Inggris???

Anonim mengatakan... Sabtu, 02 Februari 2013 20.54.00 WIB

maaf kak, peraturan ga boleh alih jurusan di snmptn itu sumbernya dr mana? Setau saya di snmptn.ac.id ga ditulis sama sekali ga boleh alih jurusan. Makasih sebelumnya ..

Fantasia Imanda Putri mengatakan... Minggu, 03 Februari 2013 09.11.00 WIB

kak universitas itu membertimbangkan semua mata pelajaran atau UN-nya aja? soalnya tahun 2013 ini yg dilihat nilai semester 1-5 kak. kalo mau masuk jurusan komunikasi, nilai bahasa di rapot diperhitungkan gak? atau nilai pelajaran sosial selain ilmu eksak kayak matematika, fisika, kimia, dan biologi? thanks ya kakkk tolong dijawab....

Anonim mengatakan... Minggu, 03 Februari 2013 13.36.00 WIB

jika pilihan pertama fakultas kedokteran tidak di terima
apakah bisa pilihan 2 di terima misalnya farmasi ?

Eka suryani A. mengatakan... Senin, 04 Februari 2013 18.39.00 WIB

kk. aku bingung pilih jurusan . aku pengen kesehatan tapi aku d fonis bidang teknik. kalo maksain bisa gg yaa ??
terus mau tanya prospek kerja teknik kimia , teknik sipil,t.ndustri, kimia murni n fisika murni ??
tersu fakultas diatas yang bagus ada di PTN apa aja ?

segera di jawab yaa kk ?
terima kasih :)

Anonim mengatakan... Selasa, 05 Februari 2013 20.19.00 WIB

kak mau nnya saya dari ipa , kalo saya milih pilihan 1 nya ipa terus pilihan 2 nya ips gimana ya kak ? bisa atau ngga ? mksih :)

Hayati Zpenten mengatakan... Rabu, 06 Februari 2013 17.58.00 WIB

kak . mau nanya . sy dari SMK . nilai rata-rata ku 1-5 > 9,1/8.3/8.7/8.6/8.5 < Nilai ku tdk konsisten . kira2 bisa lulus tdk di unhas jrusan akuntansi ?

Ienthan Inc. mengatakan... Jumat, 08 Februari 2013 15.57.00 WIB

Kakak, aku mau tanya nih, saya anak Ipa, pilihan 1 di ITS, tpi gak masukin pilihan ke 2 di universitas di provinsi sndiri, gmana tuh kaka ?

trus, di plihan 1 saya plih teknik informatika, jadi masalah ga tuh kaka ??? trim's .

Ienthan Inc. mengatakan... Jumat, 08 Februari 2013 15.58.00 WIB

Kakak, aku mau tanya nih, saya anak Ipa, pilihan 1 di ITS, tpi gak masukin pilihan ke 2 di universitas di provinsi sndiri, gmana tuh kaka ?

trus, di plihan 1 saya plih teknik informatika, jadi masalah ga tuh kaka ??? trim's .

EufoRia mengatakan... Sabtu, 09 Februari 2013 20.20.00 WIB

kak aku juga ikutan tanya, kakak tau gak jurusan apa aja di UGM/UNY yang kira-kira yang minat gak banyak?
makasih sebelunya

Anonim mengatakan... Minggu, 10 Februari 2013 13.17.00 WIB

adakah hukuman bagi sekolah apabila siswa yang menang jalur undangan tapi tidak meneruskan kuliah di PTN tersebut

Asep Alazhari mengatakan... Rabu, 13 Februari 2013 08.40.00 WIB

Maaf ya semua baru bales xD

@Alvin Budiono: iya nilai UN jg udah termasuk de

@khalida: kk baru tau de max 0.6 kalo belum fix dari univ tertentu atau dinas ga usah percaya dlu de, hhmm lumayan juga sih turunnya tapi optimis aja ya :))

@Firchatin Wafiroh: tahun sekarang udah ga boleh de pindah jurusan :)

@Anonim 1: wahh dari 76 ke 72 lumayan jauh de turunnya, berdoa aja ya ^_^

@Violleverlasting: kalo diliat dari nilainya sih bagus de, kalo HI peminatnya kadang sampe ribuan jadi berdoa aja ya :))

@Anonim 2: ga semua peraturan itu tertulis de, kk dapet info dari SMA kk dulu :))

@Fantasia Imanda Putri: semua mapel de, kalo masalah itu kk kurang tau yg tau pihak univ sama panitia aja :)

@Anonim 3: kalo sepengetahuan kk dari senior sih katanya kalo pilihan pertama gagal pilihan kedua cuma punya peluang 30% de

@Eka suryani A.: di fonis kaya penyakit aja de :) kk cuma bisa nyaranin jangan terlalu maksain de soalnya salah jurusan bisa ngerusak masa depan dan nentuin ade 4 tahun kedepan :))

@Anonim 4: nah itu namanya alih jurusan atau pindah jurusan, kk dpt info thn ini ga boleh 'makan jatah' jurusan lain jadi dipikir2 lagi ya :))

@Hayati Zpenten: itu turun bgt de, berdoa aja ya semoga lolos :))

@Ienthan Inc.: gpapa ko de aslkan jangan dua2nya di regional sendiri :))

@EufoRia: ade jagan cari jurusan yg sedikit peminatnya, tapi yg ade punya minat dibidang itu, jangan sampe masuk PTN tapi bukan minat kita, nanti malah ganggu masa depan ade :))

@Anonim: ada, tahun depan sekolah Tersebut tidak diikut sertakan dalam seleksi di PTN yg bersangkutan walau secara tertulis siswanya daftar ke PTN tersebut :))

EufoRia mengatakan... Rabu, 13 Februari 2013 16.12.00 WIB

kak, kalau jalur undangan itu kan yang dilihat rapornya kan? kakak bisa gak memprediksi kira-kira saya diterima di PTN mana?

emazakyah mengatakan... Rabu, 13 Februari 2013 21.13.00 WIB

kak mau nanya juga ya.
saya kan memantapkan ke ipb buat ptn 1 , ptn ke 2 saya bingung pilih dimana..pengen nya ub tp ub ga mau di no 2 kan ya? tp aku yakin di ipb. mending pilih ipb aja apa di isi ptn 2 nya? mohon saran kak trims :))

Anonim mengatakan... Jumat, 15 Februari 2013 20.04.00 WIB

kak numpang nanya nih,, universitas yang kita tuh ada perlakuan khusus gak buat anak daerahnya?
Contohnya, aku kan dari Sumut, mw msuk UGM, trus apakah UGM lebih duluan milih anak daerahnya atau gak??

Anonim mengatakan... Jumat, 15 Februari 2013 20.14.00 WIB

kak aku mau nanya, kalo nilai aku ituh (UN) 77-79-84-87-92 berpeluang gak masuk Matematika UGM, soalnya kuotanya cuma 35 orang:(
Thanks before..:)

Anonim mengatakan... Sabtu, 16 Februari 2013 09.46.00 WIB

mau tanya tentang strategi lulus snmptn undangan kak ..
1. urutan pilihan prodi sesuai passing grade atau sesuai akreditasi ban-pt prodi tersebut ? saya misalkan di UB, kedokteran gigi passing grade sekitar 38% tapi akreditasi nasional ban-pt masih C karena prodi baru. sedangkan ilmu gizi passing grade 33% tetapi akreditasi B. yang diletakkan di pilihan pertama yang mana kak?
2. apakah yang menyeleksi snmptn undangan dari ban-pt dulu sebelum ke masing-masing ptn ?
3. kak, boleh tau pilihannya waktu pendaftaran undangan dan keterimanya dimana ? makasih kak.. :)

Prieska mengatakan... Jumat, 22 Februari 2013 12.18.00 WIB

kak, mau tanya tentang gimana tips biar lulus snmptn undangan
1. kalau snmptn undangan, nilai yng diliat untuk mndukung pilihan yg kita ambil, adlh nilai yng brkaitan dgn prod atau smua rata2 rapot kak ? aku pengen ngambil farmasi UI kak.. doa'in kak ya moga lulus..amiin
2. masih bingung nentuin pilihan kak,, aku pngen ngmbil kedokteran, tapi disisi lain lebih pengen ke farmasi.. kasih saran donk kak,, mksih :)

Era fazira mengatakan... Jumat, 22 Februari 2013 13.52.00 WIB

saaya mau tanya tentang UGM kira kira dengan nilai 84.9 -85.9- 88.07-88.07-88.7 dr smester 1-5 lolos gk SNMPTN undangan untk prodi bahasa asing atau komunikasi?
kan yng saya tau SNMPTN undangan sngt unpredictable

Era fazira mengatakan... Jumat, 22 Februari 2013 13.58.00 WIB

saaya mau tanya tentang UGM kira kira dengan nilai 84.9 -85.9- 88.07-88.07-88.7 dr smester 1-5 lolos gk SNMPTN undangan untk prodi bahasa asing atau komunikasi?
kan yng saya tau SNMPTN undangan sngt unpredictable

tirtayoga mengatakan... Jumat, 22 Februari 2013 20.47.00 WIB

kak mau nanya :
1. nilai rapor saya (ygdiunkn) : 74,5 -76,5-79,8-82,5-87,1 dan saya mau msuk UB dgn nilai sgtu, jurusan yg saya ambil agribisnis dan agroteknologi.. kira2 dapat gag sih tu kak?? :D
2.oiaaa.. UB harus pilihan -1 ya kak?
3.persigred plihan saya pertama agribisnis tau agroteknologi?
4.di snmptn.ac.id itu ada prestasi siswa?klau saya msukkn prestasi'ny ke3ny membantu pertimbngan msuk ub gag kak?
5.kuota msuk ub brapa ya kak? klau ada web ny krimkn kak :)
6.ada prilakuan khusus bagi ank daerah tau ngak kak? saya ank pekanbaru,trus klau saya ambil ub ada pertimbgn dri univers' ?
Maaf bnyak tanya kak? biggung mau pilih apa.
tkut gag dpat snmptn undangan kak :( (makanyabanyaktanya:))
hahaha, :D
Thanks before..:)

isti nadya mengatakan... Sabtu, 23 Februari 2013 22.35.00 WIB

kak ak mw nnya...
sm kyk komtar" sblmnya ni. nilai rata" q dri smster 1-5 naik: 75,5 - 76,1 - 80,7 - 84 - 86,5.
yang mw sya tnyakan, gmana kalau ada mta pelajaran yg ga tntas. misal: kkm B.Inggris 70. sdangkan nlai sya 69 (pd semster 1). kn ga tntas tuh...wlaupun nlai rta" sya mningkat...ap ad pluang msuk ptn kak?
mkasih ...^^

Anonim mengatakan... Minggu, 24 Februari 2013 18.59.00 WIB

ka aku mau nanya kalo snmptn sertifikat yang bisa di ajuin maksimal brpa?
kta gru bk saya maks 3. tp ktnya kalo univnya ga membatasi bisa banyak..
kalo ipb dibatas ga ka ?

Anonim mengatakan... Minggu, 24 Februari 2013 22.36.00 WIB

kak,kalau pilihan ptn 1 &2 di universitas yang sm blh gk?
misal pil 1&2 di IPB,gitu blh gk?
mksh

Asep Alazhari mengatakan... Selasa, 26 Februari 2013 18.03.00 WIB

@EufoRia: nilainya mana de??

@emazakyah: 80% smnptn lolos di pilihan pertama, ya lebih baik IPB kalo udah yakin de :))

@Anonim 1: menurut kk sih ga ada perlakuan khusus dari PTN mana pun kecuali kalo ada 'orang dalam' :D

@Anonim 2: yakin aja de, nilainya udah bagus ko dan terus naik, berdoa aja ya :))

@Anonim 3: 1. prioritaskan passing gradenya dulu de, kalo ban-pt itu akreditasi jurusan/univ yg berkalitan dengan kualitas jurusan itu sendiri.
2. PTN masing2 de..
3. kan udah ada di postingan kk. Tq :))

@Prieska: 1. memang kriteria masing2 univ ga di publish, tapi secara ga langsung mereka yg nyeleksi melihat dari matpel tertentu juga
2. kk ga bisa nentuin itu tergantung minat ade, kalo diliat kedepannya kedokteran lebih menjanjikan tapi kalo farmasi lebih sedikit saingannya daripada kedokteran. semoga lolos de :))

@Era fazira: ya bener ngt snmptn undangan itu susah diprediksi, yakinin dulu de trus sesuain sama minat ade juga :))

@tirtayoga: 1. liat saingannya de, tapi kalo yakin pasti lolos ko :)
2. semua PTN rata2 ga mau dinomor duakan.
3. jajgan liat passing grade tapi lait lebih minat mana ade masuknya :)
4. ngebantu bgt de pasti apalagi kalo prestasi kaya olimpiade dll.
5. wahh kaka kurang tau de :)
6. kayanya ga ada de semua ptn sekarang menerima rata dari seluruh indonesia. yakinin aja ya de :))

@isti nadya: nahh itu de, sama kaya UN kalo ade ga ada yg tuntas gimana pasti ga lulus, snmptn juga sama de jadi langsung konfirmasi guru yg bersangkutan aja yaa :))

@Anonim 4: kalo dulu sih emang 3 de, menurut kk emang 3 aja dan pilih yg terbaik sertifikatnya yaa :))

@Anonim 5: ya itu percuma de namanya, walau pilihannya ada 2 tapi yang diliat cuma pilihan pertama aja :))

leo_ms4 mengatakan... Jumat, 01 Maret 2013 16.05.00 WIB

Kak berapa maksimal sertifikat yang bisa di unduh ke snmptn jalur undangan?

tirta yoga mengatakan... Jumat, 01 Maret 2013 20.21.00 WIB

mkasih ya kak dah blas peranyaan adek.
adek mau nnya lgi nii..
apabila di skolah adeek pda peiode 2013 gag da yg ambil UB ada peluang lulus ny ngag??
trus di sma adek gag ada alumni ub,bgaimana tu kak?? ktan'ny alumni berpegang pda penilaian snmptn undangan?? coba jelas jn kak,apa benar
makasiih.. blas yaa kak :)

navia fitriati mengatakan... Selasa, 05 Maret 2013 00.01.00 WIB

kakak waktu snmptn milih jurusan apa?
terus ditest lagi ga ka diperguruannya ??

alfie nurindahsari mengatakan... Senin, 11 Maret 2013 17.30.00 WIB

mau tanya doong,, cara ngajuin sertifikat OSN gimana?

alfie nurindahsari mengatakan... Senin, 11 Maret 2013 17.40.00 WIB

mau tanya lagi doong,, apa iya,, peluang besar lolos snmptn undangan itu kalo milih 1 universitas aja dan 1 prodi aja?

Annisa Riashinta mengatakan... Rabu, 13 Maret 2013 14.46.00 WIB

uda tak kirim ke email mas

Rioko dewantoro mengatakan... Selasa, 21 Mei 2013 00.01.00 WIB

Kak saya mau nanya..saya kan punya piagam tingkat provinsi,nah sudah saya scan dan saya upload ke PDSS, tetapi sedih nya nih piagam yang asli HILANG entah dimana..gimana ya menurut kakak?makasih

Anonim mengatakan... Rabu, 05 Juni 2013 13.23.00 WIB

kak saya mau nanya, saya kan ngambil jurusan ips tapi waktu semester 2 ada 2 nilai mata pelajaran jurusan ipa yang tidak tuntas. tapi semua nilai rata-rata mata pelajaran saya dari 1,2,3,4 alhamdulillah 8 ke atas. terus apa bisa saya masuk smpnptn jalur undangan. makasih

Khusnul Ch mengatakan... Jumat, 07 Juni 2013 18.16.00 WIB

Skarang udah semester brp, ka?? :D

Khusnul Ch mengatakan... Jumat, 07 Juni 2013 18.16.00 WIB

Skarang udah semester brp, ka?? :D

Fajria Anindya Utami mengatakan... Minggu, 09 Juni 2013 19.36.00 WIB

Kak, mau nanya. Peringkat dr semester 1-5 mempengaruhi jalur undangan gak? Tp nilai2nya naik. Trus kl pilihannya Teknik kimia UI, Kimia ITB & farmasi UI bs gak ya kak? Terimakasih bgt nih kak kl mau jawab :)

Fajria Anindya Utami mengatakan... Minggu, 09 Juni 2013 19.37.00 WIB

Kak, mau nanya. Peringkat dr semester 1-5 mempengaruhi jalur undangan gak? Tp nilai2nya naik. Trus kl pilihannya Teknik kimia UI, Kimia ITB & farmasi UI bs gak ya kak? Terimakasih bgt nih kak kl mau jawab :)

Bangun mengatakan... Jumat, 21 Juni 2013 10.43.00 WIB

Kak saya ngambil jurusan ipa dan sekarang udah naik ke smstr 5 SMA. Di smstr ke 4 nilai rapot PKn sama B.Sunda turun. Nah pertanyaan saya bisa engga ikut jalur snmptn kalo ada nilai mapel selain yg di UNkan turun? Mohon pencerahannya, makasih banyak ka :)))))

Anonim mengatakan... Sabtu, 22 Juni 2013 22.50.00 WIB

Kak, aku jurusan IPS. Nilai semesterku semua naik kecuali Geografi, di semester 4 turun drastis dari 82 jadi 77. aku pengin masuk fak Pend.Bahasa & Sastra Indonesia atau Bahasa Asing. Kira2 aku bisa masuk gak ya, Kak? Dan berapa presentase aku bisa masuk lewat undangan?

Dicky Auliansyah mengatakan... Minggu, 23 Juni 2013 08.28.00 WIB

Kak nilai aku dari smster 1 sampai 4 naik semua
Dan mndpt prgkt 2,2,2,3
Aku jg punya srtifiktat
Juara 2 osn biologi kab
Juara 3 osn astronomi kab
Juara 2 kir opsi kab. bidang ipa
Juara 2 kir opsi kab. Bidang terapan
Juara 3 kir opsi kab. Bidang bahasa
Paskibraka kabupten

Saran kk sertifikat yg di lampirin yg mana aja kak
Aku mau ngambil bidang agrobisnis ipb

Anonim mengatakan... Jumat, 28 Juni 2013 16.14.00 WIB

Kak saya mau nanya. Untuk jurusan FK itu yang paling rendah diantara univ yang lain itu FK di univ mana?

Mandala Indra mengatakan... Minggu, 28 Juli 2013 02.07.00 WIB

Kak mau tanya. Nilai ekonomi ku mulai semester 1 - 4 naik . Tapi yg semester 5 seumpama turun . Apa masih bisa masuk uni brawijaya jurusan akuntansi. Saya juga punya satu sertifikat lomba akuntansi.. apa ini ber pengaruh ? . Nilai b.inggris ku juga naik turun. Mohon pencerahannya

Mandala Indra mengatakan... Minggu, 28 Juli 2013 02.08.00 WIB

Kak mau tanya. Nilai ekonomi ku mulai semester 1 - 4 naik . Tapi yg semester 5 seumpama turun . Apa masih bisa masuk uni brawijaya jurusan akuntansi. Saya juga punya satu sertifikat lomba akuntansi.. apa ini ber pengaruh ? . Nilai b.inggris ku juga naik turun. Mohon pencerahannya

Sonia Mutiara mengatakan... Minggu, 11 Agustus 2013 17.00.00 WIB

kaa kalo nyari beasiswa itu pas sebelum masuk atau pas sudah menjadi mahasiswa ? makasih kaa ;)

Anonim mengatakan... Selasa, 10 September 2013 20.05.00 WIB

Kak, nilai rapor saya dari semester 3,4,5 ( 92,95,97 ) yang di unkan saja.
kira2 diterima ga ya di FK UI?

Anonim mengatakan... Rabu, 11 September 2013 22.24.00 WIB

Untuk kurikulum 2013 ada peminatan,apakah nanti kesempatannya luas bagi anak IPA ambil jurusan IPS ?

Anonim mengatakan... Rabu, 11 September 2013 22.25.00 WIB

Ih itu yang antonim yang rata2nya 92,95,97 swastaya ?

hanif syahdan sidiq mengatakan... Minggu, 22 September 2013 19.24.00 WIB

Bro Nlai raporku yangv di UNkan smt 3-5 91,95,96.

Kira kira diterima gak ya di FKUI ataTeknik Kimia ITB?

hanif syahdan sidiq mengatakan... Minggu, 22 September 2013 19.28.00 WIB

Untuk yg smt 5 msih misalnya, doakan saja supaya bisa 96 beneran.

Tapi kira kira kalau segitu diterima ga ya?

Adelita Fadillah mengatakan... Senin, 23 September 2013 12.26.00 WIB

kak mau nanya aku kan program IPA, terus aku mau ambil Psikologi, kan Psikologi itu jurusan IPS, jadi bisa atau gak kalo lewat SNMPTN? makasih

Adelita Fadillah mengatakan... Senin, 23 September 2013 12.26.00 WIB

kak mau nanya aku kan program IPA, terus aku mau ambil Psikologi, kan Psikologi itu jurusan IPS, jadi bisa atau gak kalo lewat SNMPTN? makasih

Florencia Nindy Ektyasmara mengatakan... Senin, 23 September 2013 20.10.00 WIB

eh ada yang mau masuk UI ilmu komunikasi ngga?

Asep Alazhari mengatakan... Rabu, 09 Oktober 2013 10.00.00 WIB

@leo_ms4: setau kk sih 2 de

@tirta yoga: kalo sebelumnya blm ada alumni di universitas tujuan ade, masih ada peluang ko. kk aja sebelumnya ga ada alumni di universitas kk

@navia fitriati: jurusan ilkom, ga di tes lagi ko. tapi tergantung universitasnya ko de

@alfie: kk kurang tau kalo ngajuin sertifikat OSN de, menurut kk milih 1 univ 1 prodi ga terlalu berpengaruh. tapi urutan pertama berpengaruh de

@Rioko dewantoro: tapi kalo ada scannya masih bisa ko, nanti kn filenya yg di upload

@Anonim: hubugin guru yg bersangkutan de kalo ada masalah nilai, biasanya mereka bisa ngebantu asal nilai blm di input ke database snmptn.

@Khusnul Ch: alhamdulillah sekarang lagi semester 3 de :)

@Fajria Anindya Utami: mempengaruhi de, tapi asal nilainya masih naik masihada peluang ko, liat faktor2 diatas juga ya de :)

@Bangun: bisa ko de, asal kn ga fluktuatif aja de dan ga drastis turunnya

@Anonim: menurut kk sih masih bisa, kalo masih masuk peringkat paralel de

@Dicky Auliansyah: Juara 2 osn biologi kab
Juara 3 osn astronomi kab
Juara 2 kir opsi kab. bidang ipa, itu masih menjurus & keikut sertaanya lumayan tinggi

@Anonim: wah kalo FK kk kurang tau de, yg paling rendah dimana

@Mandala Indra: masih bisa ko de, usahain aja :))

@Sonia Mutiara: kalo bidik misi dari sebelum juga udah dapet de, tapi kalodari institusi tertentu atau universitasnya bisa pas kuliahnya

@Anonim: wah bagsu2 bgt de, peluangnya besar bgt ko itu de

@Anonim: kurikulum 2013 masih tetep peluang besar ko de

@Anonim: hehe mungkin de

@hanif syahdan sidiq: besar-besar bgt nilainya, iya masih peluang besar ko

@Adelita Fadillah: setau kk snmptn ga bisa lintas jurusan de, kecuali jalur lain

@Florencia Nindy Ektyasmara: ada ga tuh..

luluk parwati mengatakan... Minggu, 13 Oktober 2013 12.55.00 WIB

Kk sy mau masuk fk , mau nanyak, proses awal dr daftar smpai lolos SMPTN gmna sih :)

Tri Utami Nurhidayati mengatakan... Jumat, 18 Oktober 2013 21.18.00 WIB

Salam..
Saya dari jurusan ips, dan nilai saya pas2an tp stabil, kira2 kalo mau ambil psikologi ugm lewat snmptn bisa nggak ya? Soalnya dari sekolah saya yg trmasuk siswa pinter pengin kesitu juga..

dicky mm mengatakan... Kamis, 14 November 2013 18.26.00 WIB

kalau ngajuin sertifikat IMO (International Mathematic Olimpiad), dan mau tanya saya kan Sudah Pasti keterima di ITB tapi jurusannya harus FTTM tapi kalau pindah ke STEI bisa gak yah?

Eka Heltyani mengatakan... Sabtu, 14 Desember 2013 13.00.00 WIB

kak nilai raport saya lbh kecil dari nilai raport temen saya yang nyari univ fakultas yang sama, tapi dari segi prestasi diluar sekolah saya punya sedangkan dia enggak, kira" peluang yang dapet yang mana kak ? saya atau temen saya?

khairiyah mengatakan... Minggu, 22 Desember 2013 12.31.00 WIB

kaaaaaaaaaa, kalo di semester 5 nya yang turun itu gabisa masuk jalur snmptn ya ka?

intan ayu mengatakan... Kamis, 26 Desember 2013 20.16.00 WIB

kakak dah lulus snmptn undangan yach...semoga tahun ini diri q bisa menyusul kakak...
amminn..

Dara TM mengatakan... Jumat, 27 Desember 2013 15.28.00 WIB

Selamat kak atas kelulusan dan lolos SNMPTN Undangan :)
Tips dan strateginya sangat berguna. Btw, kakak alumni SMAN 113 Jakarta?:O Saya baru masuk nih kak sbg kelas 10 disana. Doakan saya ya kak semoga bisa seperti kakak, sukses selalu! ;)

Resti Anggraini mengatakan... Senin, 30 Desember 2013 17.17.00 WIB

Kak mohon dijawab yaa saya sgt butuh jawaban nya kak. Kan saya skrg jurusan di sma nya ipa tapi pada saat nanti sya mau ambil snmptn undangan saya ingin ambil jurusan fkip bahasa indonesia , kira2 ituu bisa gk kak? Pada saat pendaftarannya? Tolong di jwb ya kak saya sgt butuuuh jawabbnya sebelum nya mksih kak

Asep Alazhari mengatakan... Rabu, 01 Januari 2014 12.13.00 WIB

@luluk parwati: wah kalo ngejelasin prosesnya bisa tanya guru bk aja langsung de pasti ngejelasin ko, kalo disini kepanjangan hehe

@Tri Utami Nurhidayati: bisa aja ko de, liat history kebelangannya de untuk sekolah ade. waktu tahun kk sih dulu di web snmptn masih bisa yg daftar jurusan itu berapa orangtrus yg lolos berapa. kalo sekarang masih gitu apa engga kk kurang tau

@dicky mm: wah bagus tuh udah ada sertifikat internasional, kalo pindah jurusan gitu kayanya engga bisa de kalo memang sebelumnya sudah ditetapin

@Eka Heltyani: maksudnya diluar sekolahnya itu dlm bidang apa de? masih akademik atau yg lain?

@khairiyah: hmmbisa ko de, asal ade msh masuk dlm peringkat pararel disekolah ade

@intan ayu: iya de makasiii :))

@Dara TM: makasi de :) wah anak vegas juga, semangat yaa ;)

@Resti Anggraini: kalo undangan sih kayanya engga bisa de soalnya itu khusus buat ips, kecuali ade ikut tes diluar snmptn undangan untuk bisa pilih jurusan campuran

ari rismawati mengatakan... Kamis, 02 Januari 2014 20.33.00 WIB

Ka bisa ga sih nnti snmptn unvrstas pertama ngambil ipa tapi di unvrstas ke dua ngmbil ips ?

simpen widnyani mengatakan... Kamis, 02 Januari 2014 22.18.00 WIB

kak mw nanya nich,, skrang dalam snmptn itu maksimal milih 2 PTN, 1 diluar provinsi dan 1 nya lagi di provinsi kita.. bisa gak kak, kita milih PTN diluar Provinsi dimana yang satunya 1 wilayah dengan kita dan yang satunya tidak satu wilayah???

simpen widnyani mengatakan... Jumat, 03 Januari 2014 11.59.00 WIB

kak,, nanya lagi nich.. klo nilai b ing saya dari kelas X semester 2, 85 trus selanjutnya 80,81, 83 bisa gk lulus snmptn jurusan kedokteran??

Siti Hasna Nadhifah mengatakan... Jumat, 03 Januari 2014 19.58.00 WIB

kak mau nanya, saya kan tinggal di prov.Jawa Barat. Tapi saya mau nyoba undangan di UNDIP. Nah kira-kira gimana ya ka? dan UNDIP itu nanti harus jadi urutan pertama atau gimana? makasih...

aditya pradana mengatakan... Minggu, 05 Januari 2014 11.54.00 WIB

Kak saya mau tanya, kalo dari rata2 rapot semester 1-5 ada yang turun disemester 3, tapi ada sertifikat akademik internasional dan nasional masih dipertimbangkan gak kak untuk masuk universitas dengan prodi sesuai sertifikat nya itu? Terimakasih.

Hasna Khansaaaa mengatakan... Minggu, 05 Januari 2014 20.33.00 WIB

kak saya mau tanya, kalau saya daftar snmptn milih prodi agrobisnis nilai rapot smesternya yg paling berpengaruh dimapel apa ya kak?
terus kalau nilai suatu mapel dr sem 1-4 nya naik, tp dr sem 4 ke 5 nya tetep itu gimna kak?
mohon jawabannya ya kak, trims :)

Hasna Khansaaaa mengatakan... Minggu, 05 Januari 2014 20.49.00 WIB

Tanya lagi nih kak, ini nilai kimia saya dr sem1-5 =>> 74, 78, 80, 85, 85
snmptn ini saya pengen ambil prodi agrobisnis, tpi kalau ngeliat nilai kimia sya jdi agak brubah fkiran pngen ambil FKIP kimia tp sbenerny sya gak trlalu suka sama kimia kak, menurut kakak gimna nih? apa saya ttep milih agrobisnis atau fkip kimia kak? trims sebelumnya kak :)

Aldi Rahman mengatakan... Selasa, 07 Januari 2014 21.05.00 WIB

Pengalaman yang menarik, sangat bermanfaat sekali :)

simpen widnyani mengatakan... Kamis, 09 Januari 2014 20.17.00 WIB

kak cepetin ap dibalasnya ... :-)

Hasna Khansaaaa mengatakan... Minggu, 12 Januari 2014 11.08.00 WIB

Kak salah... bukan agrobisnis yg saya tanyakan. tapi agribisnis :))))))))

Anonim mengatakan... Minggu, 12 Januari 2014 18.23.00 WIB

Cieee anak vegas ehehehe dulu aku mau masuk situ tapi takut kejauhan padahal tinggal dicondet
Kak kalo ada satu nilai yg dibawah kkm itu gabisa ya? Tapi nilainya naik terus
Trus kalo mau masuk antropologi harus bagus semua nilai atau nilai sejarah sama sosio aja?

Mohon dijawab ya kak, makasih :)

Anonim mengatakan... Rabu, 15 Januari 2014 15.55.00 WIB

ka, yang nggak boleh turun itu nilai rata-rata raport yang di-UN-kan atau nilai per mapel? soalnya nilai rata-rataku naik terus tapi mapelnya nggak. di sem 5 nilai b.ing ku turun dari 90 jadi 83 :(

Anonim mengatakan... Jumat, 24 Januari 2014 22.24.00 WIB

Kak kalo rata rata nilai saya yg di un-kan dari semester 1 s/d semester 5 : 78,5 ; 81,8 ; 80,5 ; 83,3 ; 86,3 peluang untuk masuk kesehatan masyarakat undip gimana?

Anonim mengatakan... Selasa, 28 Januari 2014 20.39.00 WIB

Kak, saya mau ke FTSL ITB. Nah, temen seangkatan saya ada juga yang mau ke sana dan nilai dia lebih tinggi dari saya. Rencananya saya akan memilih:
1. ITB FTSL terus SAPPK
2. UNSOED TI
Kira-kira jika gagal di FTSL, apa masih mungkin masuk SAPPK ?
Terimakasih
bakhtiarhatwan@gmail.com

Anonim mengatakan... Rabu, 29 Januari 2014 18.47.00 WIB

aku mau tanya tolong di jawab ya,kak
kira-kira yang dimmaksud 3 prodi itu gimana ya???

allforcube mengatakan... Minggu, 09 Februari 2014 16.04.00 WIB

kak, saya mau masuk agribisnis usu yang passing gradenya lebih rendah dari ilmu kesehatan masyarakat. Jadi saya harusnya ngasih agribisnis urutan kesatu atau kedua?

Mitha Rahmawati mengatakan... Kamis, 13 Februari 2014 12.29.00 WIB

kak, saya mau nanya... saya lulusan 2013,, tp saya mau ikut SNMPTN 2014,, itu bleh gk ea?

siti sarah pulungan mengatakan... Rabu, 19 Februari 2014 14.44.00 WIB

Kak saya dari sma 1 medan,saya pengen ngambil matematika ui atau itb.tapi nilai un semester 3-5 86,90,88 kira2 bisa gak ya kak?trus saya baiknya milih ui atau itb kak?atau fk usu aja kak.makasih kak.

lucyalex mengatakan... Rabu, 19 Februari 2014 23.21.00 WIB

kak, saya ingin bertanya kalau nilai saya dari smstr 3-5 turun trs, tapi nilainya ga jelek2 bgt, rata2 nilai un smstr 3=92, smstr 4=91, smstr 5=90, kira-kira msh bisa masuk jalur undangan UGM ga yah ka? trs emgnya kalo ugm pasti memprioritaskan anak yogyakarta yah? trima kasih kak, tlg balas secepatnya ka :)

lucyalex mengatakan... Rabu, 19 Februari 2014 23.24.00 WIB

saya ingin masuk jalur undangan akuntansi ugm, bagaimana dengan nilai saya yang sperti itu kak? trima kasih

Anonim mengatakan... Jumat, 21 Februari 2014 19.32.00 WIB

Kak,mau nanya kalo misalnya saya daftar ke FTSL ITB tapi nilai rata-rata matpel yg di-UN kan :
Sem 1 : 79,6
Sem 2 : 78,1
Sem 3 : 81,1
Sem 4 : 81,6
Sem 5 : 83,3
Kira-kira bisa lolos gak ya?kalo diliat dari alumni yg g keterima ITB dari sekolah saya lumayan banyak,itu berpengaruh gak ya?

Anonim mengatakan... Jumat, 21 Februari 2014 19.33.00 WIB

*yg keterima (maaf typo)

Anonim mengatakan... Selasa, 04 Maret 2014 07.26.00 WIB

Mau nanya dong kalau mau ngambil jurusan ilmu komunikasi nilai mata pelajaran yang dilihat nilai apa aja?

ros memori mengatakan... Rabu, 19 Maret 2014 13.09.00 WIB

mau nnya kakak
klo misal rata-rata saya semes 3-5
83,84,86 kira-kira saya masuk ga kak FK Undip ?
mksih sblumnya

Anonim mengatakan... Senin, 24 Maret 2014 15.20.00 WIB

mau nanya klo aku mau masuk fkip mtk passing grade nya 29.5 terus pilihan keduanya harus lebih besar atu kecil misal kalo lebih besar 38,5 atu lebih kecil 2.7

Berkomentarlah yang bijak tanpa Spam!

Silahkan berkomentar untuk menyampaikan kritik, saran, atau hanya sekedar blogwalking di blog saya..