AFTA 2015: Analisis SWOT Karyawan PT. HUTCHISON INDONESIA


AFTA (ASEAN Free Trade Area) merupakan kesepakatan dari negara–negara di ASEAN untuk membentuk sebuah kawasan bebas perdagangan. Tujuannya yaitu agar bisa meningkatkan daya saing ekonomi kawasan ASEAN di dunia. Harapannya, jika AFTA ini sukses, maka, ASEAN bisa menjadi kawasan basis produksi di dunia.

Perjanjian perdagangan bebas AFTA dicetuskan ketika terjadi pertemuan tingkat Kepala Negara ASEAN atau SEAN summit ke-4, yang dilakukan pada tahun 1992. Pada pertemuan itu para kepala negara mengumumkan akan membentuk sebuah kawasan perdagangan bebas di ASEAN dalam jangka waktu 15 Tahun. Kalau dihitung seharusnya akan efektif berjalan secara penuh pada tahun 2007. Namun kenyataanya, AFTA ini akan aktif pada tahun 2015, yaitu menjadi 22 tahun kemudian.

ANALISA SWOT

Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats). Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. 

Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, dimana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

Analisis SWOT Karyawan PT. HUTCHISON

TRENGTH (KEKUATAN)
WEAKNESS (KELEMAHAN)

· Karyawan yang kompeten akan meng-create bisnis melalui proses blendlearning yaitu pengikatan sumber-sumber daya pada proses learning dengan pembelajar (learning organization).
·   Penerapan kerangka dan kinerja GCG yang didalamnya terdapat penghargaan dan pengakuan terhadap kompetensi karyawan.
· Karyawan diberikan pemahaman tentang Tata Nilai dan Etika Bisnis melalui pengiriman materi sosialisasi dan assessment yang dilaksanakan setiap tahun.
· Memiliki Etika Bisnis yang merupakan standar perilaku perusahaan, karyawan dan pihak yang berhubungan dengan perusahaan.
· Adanya evaluasi dan monitor terhadap pencapaian kinerja GCG membuat Hutchison Group dipandang sebagai salah satu benchmark bagi perusahaan lain.
· Memiliki sebuah organisasi perusahaan yang merupakan wadah bagi perjuangan para karyawan PT. Hutchison, yaitu Serikat Karyawan Hutchison  (disingkat Sekar Hutchison).


·    Jumlah karyawan yang terlampau besar sehingga kurang efisien dan boros dalam anggaran untuk gaji karyawan.

· Terbebani dengan peraturan dan regulasi sehingga lamban dalam mengambil keputusan.

· Intervensi pemerintah membuat Hutchison tidak dapat bersikap dinamis dengan perubahan pasar.

· Pelayanan yang kurang baik, operator seringkali sulit dihubungi oleh pelanggan.
OPPORTUNITY (PELUANG)
THREAT (ANCAMAN)

· Jaminan kesejahteraan dapat membuat karyawan setia terhadap perusahaan.

· Pendaftaran tenaga kerja online dapat menjaring tenaga ahli di berbagai wilayah.

· Adanya promosi terhadap karyawan sehingga dapat keluar dan bekerja di perusahaan lain.

· Jumlah penduduk Indonesia yang besar dan masih sedikit yang memiliki akses broadband internet merupakan peluang yang baik bagi pertumbuhan perusahaan.
     
· Adanya AFTA membuat perusahaan asing menjadi sebuah gangguan terhadap stabilitas perusahaan dalam mencari kebutuhan karyawan.

· Adanya perusahaan yang bergerak dalam bidang yang sama dari perusahaan dalam negeri maupun perusahaan asing menjadikan persaingan semakin ketat.

· Kebocoran pendapatan oleh karyawan pada level transaksi.



Hal-hal yang Harus Dipersiapkan oleh Para Karyawan PT. HUTCHISON Menghadapi AFTA 2015

  1. Pendidikan mental dan moral, untuk mempersiapkan kinerja yang jujur dan tidak curang, serta siap mental untuk mengelola dana dalam jumlah banyak maupun sedikit.
  2. Menanamkan sejak dini gerakan cinta dan beli produk Indonesia. Sebuah gerakan yang bertujuan untuk menggugah rasa bangga sekaligus mendorong para karyawan dalam menghargai, mencintai dan menggunakan produk maupun jasa dalam negeri.
  3. Memperbanyak relasi atau teman. Dengan memiliki teman sebanyak mungkin baik itu di dunia maya maupun nyata, akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi mengenai pekerjaan yang sedang digeluti.
  4. Mencari inspirasi sebanyak mungkin. Bisa dengan berdiskusi, membaca, mendengarkan radio, melihat film maupun memperhatikan hal-hal yang ada di sekitar kita.
  5. Mengikuti seminar dan pelatihan, hal ini diharapkan dapat melatih keterampilan dan kreatifitas.

Simpulan dan Saran

A. SIMPULAN

Adanya AFTA dapat memberikan peluang yang besar dalam menjangkau pemasaran yang luas. Namun persaingan yang luas dapat menjadi ancaman bagi eksistensi perusahaan. Perusahaan harus memperhatikan kualitas Sumber Daya Manusia yang dimiliki dan meningkatkan pelayanan terhadap publik. Hal ini dilakukan agar perusahaan dapat bersaing di dalam negeri maupun ditingkat luar negeri.

B. SARAN

Kita harus mempersiapkan segala sesuatu semaksimal mungkin untuk menghadapi AFTA 2015, karena kita akan bersaing ketat dengan tenaga ahli dari berbagai negara. Hal yang dapat kita lakukan adalah dengan membekali diri dengan kompetensi/keahlian yang bisa kita dapat melalui pendidikan. Untuk mematangkan keahlian kita dapat mengikuti kursus atau pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan. Hal yang utama adalah mempelajari bahasa asing seperti bahasa Inggris atau setidaknya bahasa negara yang menjadi target kita bekerja. Sehingga AFTA 2015 menjadi peluang yang besar bagi jenjang karir kita.

Baca selengkapnya »

Pengalaman Pertama Kerja Sebagai IT

Akhirnya saya bias update postingan di blog ini juga setelah tepat bulan ini sekitar 1 tahun, coba liat postingan saya terakhir di blog ini yaitu Akhirnya Dapat Smartphone Gratis Dari Smartfren. Untung saya masih inget sama blog ini hehe, mungkin karena kesibukan selama setahun ini yang menurut saya sudah tidak ada waktu luang banyak dan bermain-main lagi, bukan karena kesibukan kuliah yang ditumpuki oleh tugas tetapi sekarang saya sudah bekerja juga.

Yap ketika liburan akhir semester 2 kemarin tepatnya awal agustus 2013 saya sudah merasa ingin mandiri yaitu dengan bekerja agar dapat membiayai hidup dan kuliah sendiri tanpa bergantung dengan orang tua lagi dan satu lagi ingin merasakan hidup sebenarnya *halah :D

Awal September 2013 saya memulai bekerja diperusahaan IT dengan project pertama yaitu join domain, upgrade application, SCCM etc. untuk mendeploy salah satu bank swasta yang sepertinya milik Malaysia. Enaknya di sana saya banyak belajar bagaimana rasanya jadi IT newbie hehe dari network sampai application, percaya tidak percaya saat ini saya merasa banyak menggali ilmu IT dari pengalaman kerja di banding di tempat kuliah, malah ketika saya sedang UTS atau UAS di kampus saya dapat menjawab soal-soal yang saya sering alami di tempat kerja *jujur

Setelah ngomongin enaknya sekarang saya mau jelasin yang engga enaknya, emang ada? Pasti ada. Namanya juga kerja apalagi IT yah pasti banyak. Salah satu yang sampai sekarang masih teringat dipikiran saya yaitu ketika ada trouble pada PC user, ketika saya rollout malam dan memastikan tidak ada touble tapi paginya malah ada, itu harus siap kena marah besar dari user apalagi masalahnya baru pertama kali, yang belum bisa saya eskalasi langsung wahh udah bahaya -__-. Malah kalo tidur bisa kebawa mimpi, serius! Dipikiran selalu terbayang gimana problemsolvingnya sampai makan pun ga nafsu. Karena yang salah rollout adalah bank jadi kalo ada problem di PCnya, transaksi per hari tersebut bisa bermasalah  bahkan terhenti dan bisa merugikan bank ratusan bahkan milyaran rupiah!

5 bulan berlalu akhirnya project tersebut selesai dan lanjut project berikutnya yaitu di perusahaan Asuransi Bank BUMN sampai sekarang ini, project ini sebenarnya hampir sama dengan project sebelumnya tapi pengerjaannya lebih memanfaatkan cloud computing dan network. Disini saya mendapat ilmu baru lebih banyak lagi.

Bekerja membuat saya bisa belajar arti hidup, belajar mengelola keuangan, belajar investasi, belajar attitude yang lebih baik, belajar professional, pokoknya banyaklah :D Mungkin itu dulu pengalaman yang bisa saya bagi. Semoga bermanfaat,.

Baca selengkapnya »

Akhirnya Dapat Smartphone Gratis Dari Smartfren

Hallo sobat blogger.. :) udah 2 bulanan saya ga posting di blog yang sudah usan ini. Kali ini saya akan share pengalaman saya pada saat mengikuti lomba atau lebih tepatnya kompetisi twitpic yang diadakan oleh salah satu operator seluler di indoneseia yaitu smartfren. Nah jadi pada tanggal 4-8 februari 2013 kemarin smartfren membagikan 25 smartphone lebih tepatnya Andromax di 10 titik lokasi di sekitar Jakarta yang juga bekerja sama dengan @SeputarEvent dan @mustang88fm dalam mengadakan event ini. Event ini diadakan dalam rangka memeriahkan peluncuran Andromax-U keluaran smartfren terbaru yang diadakan tanggal 9 Februari 2013 kemarin yang membagikan 100 Smartfren Gratis!

Saya sangat senang sekali dihari terakhir event twitpic itu tanggal 8 Februari 2013 bisa membawa pulang Hp Andromax karena saya juara 1 kompetisi twitpic itu xD. Jadi peraturan mengikuti kompetisi itu simple tinggal follow twitter @smartfren @SeputarEvent dan @mustang88fm dan like fanpage smartfren. Nah aturan sebelum mengikuti lomba yaitu daftarin diri dengan cara tweet ‘Daftar @smartfren @mustang88fm dan mention 2 teman saya’ nah abis itu tinggal foto bareng Kwik. Siapa itu Kwik? Kwik adalah Boneka/Badut/Maskot andalan smartfren yang berwarna merah ituloh pasti tau kan :D. nah kalo abis foto kita tinggal bersiap2 untuk ngetweet dengan format ‘Followkwik #smartphonegratis @smartfrenworld @mustang88fm sertakan foto bareng kita bersama kwik’.

4 Februari 2013, saya belum mengetahui ada event tersebut.

5 Februari 2013, pada saat itu saya melihat tweet dari @SeputarEvent bahwa ada lomba itu dan di hari itu udah ada 5 orang pemenang yang kebetulan saya sudah memfollownya sejak lama tapi saya masih cuek. Toh kita harus mencari ‘si kwik’ di daerah Jakarta dengan lokasi yang tidak disebutkan @smartfren hanya memberikan clue saja, jadi belum tentu kita ke tkp tapi lokasi kita benar.

6 Februari 2013, saya masih ‘cuek bebek’, tapi agak sedikit iri dengan para pemenang yang mendapatkan smartphone gratis dengan hanya ngetweet.

7 Februari 2013, nah hari itu saya bertekad untuk mengunjungi ‘si Kwik’ karena saya penasaran dengan lomba itu, ya sekalian iseng-iseng kali aja menang. Oiya jadi sehari itu ada 2 lokasi lombanya siang (11:00-13:00) dan malam (18:00-20:00) karena saya hanya bisa iktu yang malam jadi sore itu saya langsung bersiap-siap untuk pergi ke tkp ‘si kwik’ berada. Setelah menunggu sekitar jam 5an sore @smartfren ngetweet ‘clue sore ini, kita lg di berger tebet’  nah saya langsung tertuju kepada jalan didekat stasiun tebet karena disitu memang banyak tempat-tempat restoran dan warung makan. Jam 6an saya sampai di tkp saya melihat mobil smatrfren yang di parker didepan restoran burger itu dan ternyata sudah lumayan orang yang datang. Setelah saya berfoto dengan kwik saya bergegas untuk solat magrib karena waktunya agak mepet dengan isya. Setelah saya sholat tiba-tiba lomba sudah mau dimulai padalah dijadwalnya lomba sampai jam20:00 tapi jam 18:55 sudah dimulai, saya panic dan buru-buru membukan twitter untuk bersiap-siap mendengar aba-aba untuk ngetweet jadi kita boleh ngetweet kalo pihak dari smartfren bilang ‘Send’. Kita di izinkan boleh ngetes sebelum lomba dimulai, setelah semua bersiap dan juri bilang ‘Send!’ nah disitu kita tinggal berdoa semoga tweet kita 3 besar tercepat untuk mendapatkan smartpohe. Tapi nasib berkata lain saya juara 4! Tweet saya di urutan ke empat besar dan hanya mendapatkan souvenir dari smartfren. Malam itu saya Hati saya hancur seperti Gebetan yang ditikung teman sendiri xD haha

8 Februari 2013, saya berlatih memainkan keyword di twitter agar saya bisa juara 1 minimal menang 3 besar, sore pun tiba @smartfren member clue mereka berada di tempat kopi kalimalang dengan huruf depat ‘T’. langsung saya bergegas untuk membuka Google Maps untuk mempercepat pencarian, setelah mencari-cari ternyata itu adalah ‘Torry Coffe’ saya langsung cuuuuss kesana. Setelah sampai ternyata peserta yang datang 3 kali lipat dari yang di tebet saya agak pesimis karena semakin kecil peluang saya untuk menang. Malapetaka pun datang ternyata didaerah kalimalang provinder yang saya gunakan tidak mendapatkan sinyal HSDPA, rasa pesimis saya semakin besar karena untuk membukan twitter saja butuh waktu 3 menit apalagi untuk upoad foto -,-. 

Setelah sholat magrib saya bertemu dengan seorang karyawan kantoran yang kebetulan ikut juga dalam kompetisi ini, setelah ngobrol-ngobrol secara tak terduga ternyata dia ingin menyediakan hotspot dari dari smartpohonenya agar saya bisa mengikuti kompetisi ini, saya sangat senang sekali ada orang ‘baru kenal’ yang berbaik hati dengan saya. kebaikannya pun tidak sampai disitu dengan baik hati dia membelikan saya ice capucino dan kentang goring agar suasana tidak tegang sebelum kompetisi. Subhanallahh saya benar-benar dapet ‘karomah’ mana ada orang baru kenal beberapa menit yang mau berbagi hotspot, di traktir kentang gorang dan ice capucino jarang sekali menurut saya. setelah menunggu akhirnya dia kompetisi dimulai dan seperti biasa kita diperkenankan untuk tes dulu. Setelah selesai saatnya mendengan aba-aba ‘send’ dari juri. Oiya kalo kita ketahuan ‘Nyolong start’ kita di disklualifikasi lho! Karena ada tim pemantau dari juri agar kita tidak berlaku curang. Ketika menunggu pengumuman pemenang saya sempat deg-degan, kabar gembira datang dari ‘teman baru’ saya itu katanya saya juara 1 setelah di lihat dengan keyword dan hastag. Saya sempat tidak percaya tetapi dia bilang bahwa itu benar. Dan pengumaman pun tiba, ternyata juri menyebutkan account twitter saya bahwa saya juara 1 saya sempat lemas tidak percaya tetapi ‘teman baru’ saya itu meyakinkan dan meberi selamat kepada saya. hati saya berbunga-bunga pada malam itu seperti nembak Gebetan langsung diterima xD hehe

saya dapat smartphone (y)


Saya benar-benar tidak menyangkan bisa menang, dan lebih tidak menyangka lagi masih ada orang berhati mulia seperti ‘teman baru saya itu’. 

pemenang lomba twitpic, saya yang juara 1 yang dilingkari :)

Oiya Postingan ini Bukan Promosi atau iklan tentang smartfren ya sobat tapi emang benar saya dapat Smartphone gratis dari smartfren, Thanks to:

  • @smartfren @SeputarEvent dan @mustang88fm
  • @andrisetia 
  • @AzhryAseph, Account Twitter saya :))

Baca selengkapnya »

Chant Obagei Romaji JKT48 Aitakatta


Kali ini saya akan berbagi tentang Chant JKT48 yaitu lagu Aitakatta, chant ini berbeda dari chant yang biasa diteriakan fans dan sekarang fans JKT48 perlahan-lahan menggunakan chant ini setiap kali JKT48 perform membawakan lagu Aitakatta, nah sebelumnya saya jelaskan dulu chant Obagei itu apa. Chant Obagei adalah chant (yel yel/ teriakan) khusus yang diteriakan oleh Fans 48Family pada lagu Aitakatta, saya kurang terlalu tau siapa yang menciptakannya, tapi menurut sepengetahuan saya chant itu di teriakan pertama kali ketika ada beberapa orang yang meneriakan chant itu ketika AKB48 perform di sebuah acara, nah ga perlu panjang lebar langsung aja, cek it out!

Aitakatta
Aitakatta
Aitakatta
Yes!

Aitakatta
Aitakatta
Aitakatta
Yes!
Dengan mu.....[ baagen kuupon tsuhan temomin matsuken uonbin jyajyaan!! ] 

Bersepeda ku menanjaki [ zenryaku akimoto sama ! ]
Bukit itu [ daru daru daru daru daru bishu ]
Sekuat tenaga ku kayuh pedalnya [ nobotte tobidete JYAJYANJYAAN!! ] 
Angin pun mulai menghembus [ deru deru mimige ] 
kemejaku [ BURAJYAA MO!! ] 
Ku rasa masih kurang cepat [ SHI-SHI-SHI-SHI- CCB nagafuchitsuyoshi wa PI-PI-PI FUU~ ]

Akhirnya ku sadari [ DONDONDONDONDON UO-N BINBIN!! FUU~ ]
perasaan sebenarnya [ DONDONDONDONDON CHANDONGON!! ]
Ingin jalani sejujurnya [ DAA! ]
Hanya di jalan ini ku akan terus.. [ J Sama K Sama T Sama, Ousama Kamisama Yonsama zenra wo kibonnu ]
berlari! [ wu~ muki muki!! ]

Kamu berharga [ hai~hai~hai~hai~hai ]
lebih dari siapa pun [ hai~hai~hai~hai~hai ]
Walau kau tolak [ hai~hai~hai~hai~hai ]
tak akan ku sesali  [ hai~hai~hai~hai~hai ]
Kamu berharga [ hai~hai~hai~hai~hai ]
lebih dari siapa pun [ hai~hai~hai~hai~hai ]
Tadinya ku ingin [ hai~hai~hai~hai~hai ]
ungkapkan rasa ini [ hai~hai~hai~hai~hai ]

Jika kusuka [ hai~hai~hai~hai~hai ]
kan kukatakan suka [ hai~hai~hai~hai~hai ]
Tak kututupi [ hai~hai~hai~hai~hai ]
ku katakan sejujurnya [ hai~hai~hai~hai~hai ]
Jika kusuka [ hai~hai~hai~hai~hai ]
kan ku katakan suka [ hai~hai~hai~hai~hai ]
Dari hatiku [ hai~hai~hai~hai~hai ]
dengan tulus ku katakan [ hai~hai~hai~hai~hai ]

La la la la la.... [ naanaa~na~na~na~naanaa~na~na~na ]
La la la la la.... [ naanaa~na~na~na~naanaa~na~na~na ]
La la la la la.... [ naanaa~na~na~na~naanaa~na~na~na ]
La la la la la.... [ naanaa~na~na~na~naanaa~na~na~na ]
La la la la la.... [ naanaa~na~na~na~naanaa~na~na~na ]
La la la la la.... [  OBAGEI!! ] [ bansumi bansumi bansumi bansu ]
La la la la la.... [ bansumi bansumi bansu bansu bansu bansu ]
La la la la la.... [ hontoni hontoni hontoni Raion Da! ]


[LAST OBAGEI] 
chikasugichatte doushyou? kawaikutte doushyou? fuji SAFARI PAKU GAO~!! Kimeruzo obagei~~ kimeruzo obagei!!AK AK AKB!! OK OK bokujyou gatsu gushiken hiranaka wajima 4nin de !Q 48 FUFU!!

Aitakatta
Aitakatta
Aitakatta
Yes!

Aitakatta
Aitakatta
Aitakatta
Yes!
dengan mu..

Aitakatta [JK JK JKT!! OK OK bokujyou gatsu gushiken hiranaka wajima 4nin de !Q 48 FUFU!!]


Kalo masih bingung liat video ini ini sambil di baca teksnya agar cepet hafal, kalo ada masukan atau kesalahan silahkan komentar dibawah, semoga bermanfaat :))

Baca selengkapnya »

Perbedaan Dunia Kuliah Dengan Sekolah


Kali ini saya akan membahas tentang dunia Perkuliahan yang sangat berbeda jauh dengan dunia sekolah, beberapa waktu yang lalu saya telah membahas tentang hobi baru saya yaitu idoling, mungkin hobi ini terbilang baru dan berbeda dengan hobi-hobi yang lain karena hobi ini berasal dari negeri sakura, bagi yang masih bingung langsung baca aja postingan saya sebelumnya yang berkaitan dengan idoling DISINI.

Langsung masuk ke topik, jadi saya baru menjadi mahasiswa kurang lebih 3 bulanan nah karena masih baru, saya sampai sekarang belum sepenuhnya beradaptasi dengan dunia perkuliahan berbeda dengan waktu zaman saya sekolah dulu, ketika saya baru masuk SMP kurang dari sebulan sudah bisa beradaptasi, begitu pula dengan masuk SMA saya cepat beradaptasi dengan lingkungan di sekolah tapi sekarang proses adaptasi itu lebih sulit dengan saya dulu di sekolah.

Banyak faktor yang menyebabkan saya sulit beradaptasi dengan dunia perkuliahan contohnya seperti:
1. memilih teman, yang saya maksud memilih teman adalah teman di perkuliahan lebih memilih individual dalam segala hal tidak seperti di sekolah yang selalu bersama berkubu (kelompok) dll. 
2. Sistem managemen di perkuliahan mengunakan system SKS (system kredit semester) sedangkan disekolah masih mengunakan SAS (Sistem administrasi sekolah) yang mana sangan berbeda jauh keduanya, naik SKS maupun SAS mempunyai keuntungan dan kerugian.
3. Dosen sangat berbeda dengan guru disekolah, yang biasanya guru yang selalu mengingatkan kita jika nilai kita ada yang kurang tetapi dosen tidak, kita yang harus mengejar dosen tersebut agar nilai kita dapat diperbaiki.
4. Jadwal kuliah sangatlah Random (acak) yang berbeda-beda dengan kelas lain kadang masuk pagi, siang, ataupun sore tergantung jadwal tetapi sekolah berbeda kita dituntut untuk pergi pagi pilang siang atau sore bahkan jika ada Les tambahan bisa pulang malam.
5. Peraturan yang ketat disekolah sudah mulai longgar diperkuliahan, seperti rambut boleh gondrong (y), memakai baju bebas, sepatu boleh warna apa saja dll.
6. Mahasiswa dituntut harus lebih dewasa dari anak sekolah walau masih ada yang sifatnya masih anak sekolah :p

Mungkin beberapa faktor di atas yang menyebabkan saya sulit beradaptasi dengan lingkungan perkuliahan walau sebenarnya ada kelebihannya juga, walau begitu tujuan saya harus benar-benar semangat belajar agar kelak nanti menjadi orang yang sukses *plakk. Mungkin jika ada sobat yang ingin menambahkan silahkan komentar dibawah. Semoga bermanfaat,. 

Baca selengkapnya »